Opini: Raid Suit Membuat Sanji Tidak Keren Lagi

Sanji adalah salah satu karakter favorit saya di One Piece. Dia merupakan representasi pria sejati yang menolak untuk menendang wanita, bahkan jika itu membuat nyawanya sendiri terancam.

Kita tentu sudah sering melihat ini di One Piece, dimana Sanji tidak melawan saat bertemu dengan musuh wanita. Ia hanya menghindari serangan-serangan yang ia terima dan tidak melakukan serangan balasan.

Tidak hanya itu saja. Apakah kamu sadar bahwa Sanji adalah satu-satunya kru Topi Jerami yang bertarung menggunakan tangan kosong dan tanpa kekuatan buah iblis?

Luffy mengandalkan kekuatan buah iblis Gomu Gomu, Zoro bertarung menggunakan pedang, Nami menggunakan Clima Tact, Brook menggunakan pedang, Robin menggunakan kekuatan buah iblis Hana Hana no Mi, Chopper juga menggunakan kekuatan buah iblis, Usopp bertarung menggunakan ketapel, sementara Franky adalah cyborg.

Lihat? Dari semua anggota kru Topi Jerami, hanya Sanji yang bertarung tanpa senjata dan kekuatan buah iblis. Sanji bertarung menggunakan bagian tubuhnya saja, yaitu kaki. Tanpa senjata, tanpa kekuatan buah iblis.

Ini juga lah yang membuat saya menyukai karakter Sanji. Karena kekuatan dan gaya bertarungnya membuatnya berbeda dari yang lain. Namun itu semua berubah ketika Sanji mendapatkan Raid Suit, dan bahkan menggunakannya.

Secara singkat, Raid Suit adalah pakaian tempur yang dibuat oleh Germa 66. Pakaian tempur ini memiliki segudang teknologi canggih yang dapat meningkatkan kekuatan pemakainya berkali-kali lipat.

Konsep Raid Suit ini sama seperti kostum milik Power Rangers. Ketika ingin bertarung melawan monster, maka para Ranger akan berubah dan mengenakan pakaian Power Rangers mereka, sehingga mereka memiliki kekuatan yang lebih hebat untuk melawan para monster.

Sebenarnya, Oda memiliki niat baik memberikan Sanji sebuah Raid Suit. Karena seperti yang kita ketahui, diantara trio monster, sepertinya hanya Sanji saja yang masih belum dieprlihatkan memiliki peningkatan kekuatan yang signifikan.

Luffy memiliki banyak variasi jurus baru, kekuatan hakinya bahkan juga meningkat drastis hingga mampu melumpuhkan 50 ribu manusia ikan. Sedangkan Zoro, kita juga sudah melihatnya langsung, si tukang nyasar ini juga memperlihatkan hasil latihan selama 2 tahun dengan Mihawk yang luar biasa. Hanya sanji yang belum diperlihatkan memiliki peningkatan kekuatan yang signifikan pasca time skip.

Karenanya, dengan memberikan Sanji sebuah Raid Suit, maka Oda ingin agar Sanji memiliki peningkatan kekuatan yang signifikan. Namun pertanyaannya, kenapa harus Raid Suit?

Seperti yang sudah saya tulsikan dari awal, Sanji adalah satu-satunya kru topi jerami yang bertarung mengenakan tangan kosong tanpa senjata dan kekuatan buah iblis. Ia adalah seorang petarung murni.

Memberikan Sanji sebuah Raid Suit, membuatnya menjadi tidak keren lagi menurut saya. Kini Sanji tidak ubahnya seperti pasukan Germa lainnya yang bergantung pada produk teknologi untuk bertarung. Ia bukan lagi seorang petarung murni karena kekuatannya telah di upgrade oleh pakaian tempur kalengan.

Dan desain Sanji saat mengenakan Raid Suit, aduh. Rambutnya itu loh.

Saya sih berharapnya Sanji mendapatkan peningkatan kekuatan benar-benar dari hasil latihannya selama 2 tahun di Kamabakka. Fisiknya yang meningkat secara drastis serta ia mempelajari banyak teknik tendangan baru. Bukan malah di upgrade secara instan menggunakan Raid Suit.

1 thought on “Opini: Raid Suit Membuat Sanji Tidak Keren Lagi”

Leave a Comment